Fulltime freelancer

SHUTTERSTOCK: Banyak yang keliru bedakan MB (Megabyte) dengan MP (Megapixel)


Selamat pagi Shutterstock mania dimanapun kalian berada, semoga hari kalian selalu menyenangkan dan tentunya sehat. Pagi hari ini saya mau menjawab lagi pertanyaan, kali ini tentang Shutterstock, jadi ada yang menanyakan tentang upload desain di shutterstock, entah illustrasi atau foto atau bahkan logo, Pertanyaan seperti ini,

"Bang desainku ditolak karena kurang dari 4MB padahal saya cek lebih dari 4 MB"

Oke, sebenarnya dari pertanyaan tersebut ada kesalahan pertanyaan dan pemahaman ya, jadi yang tertulis di shutterstock itu MP ya bukan MB karena banyak yang keliru atau salah paham, dan mengakibatkan juga salah pada penanganan nantinya. Jadi MP itu kepanjangan dari "MegaPixel", adalah ukuran desain/foto panjang kali lebar dalam ukuran pixel atau kerapatan dots pixel, sedangkan MB kepanjangan dari "MegaByte" yang merupakan satuan ukuran besarnya file desain/foto kita.

Jadi syarat yang ditentukan Shutterstock adalah minimal 4 MP (megapixel) atau 4.000.000 pixel, boleh lebih besar tidak boleh lebih kecil. Lihat contoh gambar dibawah ini,


Nah dari penjelasan singkat saya barusan harusnya kalian sudah mulai tahu dimana letak salahnya saat ada desain atau foto ditolak karena ukuran kurang dari 4MP, dan kalian sudah tahu cara menanganinya, untuk ukuran foto kalian bisa rubah di setingan kamera atau handphone yang kalian gunakan untuk melakukan foto. Sedangkan untuk desain atau logo kalian bisa sesuaikan ukuran artboard saat akan memulai membuat desain, ya tentunya software desain macam-macam ya, kalian bisa cari tahu sendiri dimana letak tools untuk mengatur ukuran sesuai software yang digunakan.

Demikian pembahasan kali ini, jika ada pertanyaan lain, bisa kalian tulis di kolom komentar, nanti saya jawab jika sempat, atau saya buatkan pembahasannya berupa artikel atau video. Sekian dari saya dan terima kasih.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Apakah bisnis microstock itu bisnis pasif income?

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers