Fulltime freelancer Fiverr & Shutterstock

FIVERR: jangan minta uang tip dari buyer


Mendapatkan uang dari jasa atau barang yang kita jual adalah hal yang lumrah dan seperti simbiosis mutualisme, buyer dapat apa yang mereka butuhkan, kita sebagai seller mendapatkan uang, tapi uang tip adalah hal yang berbeda, karena uang tip adalah bonus, yang secara alami akan diberikan klien jika mereka mendapatkan ekstra kepuasan sehingga ingin memberikan penghargaan berupa uang atau tambahan yang besarnya terserah si klien.

Nah seringkali sebagai seller yang mungkin gak paham atau nekat, dengan terang-terangan meminta uang tips sesaat setelah pekerjaan diselesaikan, yang sebenarnya secara etika ini sudah salah.

Selain secara etika salah, secara aturan yang tertulis di fiverr pun juga dilarang dengan terang-terangan meminta uang tip. Karena memang seharusnya uang tip itu bukan untuk diminta, karena bukan hak seller juga. Karena tanpa kita meminta pun system fiverr sudah menawarkan ke buyer untuk mau memberikan tip atau tidak.

Salah-salah ketika seller meminta uang tips, buyer bisa juga tersinggung dan tidak memakai jasa kita lagi untuk pekerjaan-pekerjaan selanjutnya, lebih parahnya lagi si buyer bisa melaporkan ke pihak fiverr dan akan berakibat fatal ke akun fiverr kita, kena peringatan atau banned contohnya.

Jadi, walaupun pekerjaan ini kita lakukan secara online tanpa bertemu langsung dengan si klien, etika dalam bisnis tetap harus kita jaga. Semoga bermanfaat.


Instagram fiverr addict

Youtube fiverr addict



Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Orderan udah complete tapi buyer tetep minta revisi

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers