Fulltime freelancer

Apa perbedaan foto commercial dan editorial?

Foto komersial (commercial) dan editorial memiliki perbedaan dalam penggunaan dan tujuan.

Foto Komersial (Commercial)

Foto komersial adalah foto yang digunakan untuk tujuan komersial seperti iklan, promosi, penjualan, dan pemasaran produk atau layanan. Foto ini biasanya melibatkan orang, produk, atau tempat yang berkaitan dengan bisnis atau industri tertentu. Penggunaan foto komersial memerlukan izin atau lisensi dari pemilik hak cipta, dan orang yang muncul dalam foto biasanya telah menandatangani model release.

Foto Editorial

Foto editorial adalah foto yang digunakan untuk tujuan pemberitaan, dokumentasi, atau ilustrasi editorial. Foto ini biasanya tidak digunakan untuk tujuan komersial dan lebih sering ditemukan dalam publikasi berita atau majalah. Foto editorial dapat menampilkan orang, tempat, atau peristiwa yang terkait dengan kejadian aktual, kebudayaan, atau isu sosial. Penggunaan foto editorial biasanya tidak memerlukan model release atau lisensi, namun harus mematuhi standar editorial dan hukum yang berlaku.

Dalam beberapa kasus, foto yang sama dapat digunakan baik untuk tujuan komersial maupun editorial, namun pemakaian dan lisensi untuk masing-masing tujuan harus dipertimbangkan secara terpisah. Sebagai contoh, sebuah foto yang menampilkan produk tertentu dapat digunakan untuk tujuan iklan (komersial), namun tidak dapat digunakan untuk tujuan editorial tanpa izin dari pemilik merek. Sebaliknya, foto yang menampilkan aksi protes di jalanan dapat digunakan untuk tujuan editorial, namun tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial tanpa izin dari semua orang yang muncul dalam foto.

Pertanyaan serupa: apa yang dimaksud foro editorial, apa yang dimaksud foto commercial, foto apa saja yang butuh model release, mending foto commercial atau editorial, cara membedakan foto editorial dan foto commercial

Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Apakah bisnis microstock itu bisnis pasif income?

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Blog Archive

Followers