Fulltime freelancer

Apa yang dimaksud segitiga exposure dalam dunia fotografi?

Upload foto di shutterstock selalu ditolak dengan alasan noise? untuk menghindarinya sebaiknya kita harus paham dulu tentang Segitiga Exposure, ilmu dasar dalam dunia fotografi.

Segitiga exposure dalam dunia fotografi mengacu pada hubungan antara tiga elemen penting dalam menghasilkan foto yang baik, yaitu ISO, aperture, dan shutter speed. Ketiga elemen ini berinteraksi satu sama lain dan mempengaruhi hasil akhir foto.

ISO mengacu pada kepekaan sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO, semakin sensitif sensor terhadap cahaya, namun juga akan menimbulkan noise atau kualitas gambar yang kurang baik.

Aperture mengacu pada ukuran lubang di dalam lensa yang mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera. Semakin besar aperture, semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam kamera, namun juga akan mengurangi kedalaman bidang fokus.

Shutter speed mengacu pada durasi waktu ketika sensor kamera terpapar cahaya. Semakin lama shutter speed, semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam kamera, namun juga akan menyebabkan blur pada objek yang bergerak.

Dalam segitiga exposure, ketiga elemen ini harus diatur secara proporsional agar hasil akhir foto menjadi baik. Misalnya, jika ingin mengambil foto dengan shutter speed yang lambat untuk menghasilkan efek blur pada air terjun, maka perlu menurunkan ISO dan menyesuaikan aperture agar jumlah cahaya yang masuk tetap seimbang.

Pertanyaan serupa: kenapa foto ditolak dengan alasan noise, menghindari penolakan di shutterstock, cara menghilangkan noise di foto, aplikasi penghilang noise foto, software untuk menghilangkan noise foto, tips agar foto diterima di shutterstock

Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Apakah bisnis microstock itu bisnis pasif income?

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Blog Archive

Followers