Fulltime freelancer

Jual foto di shutterstock, tapi fotonya di upload juga di instagram. Emang boleh?

Hei freelancer mania, selamat pagi, bagaimana akun shutterstock kalian? sudah untung berapa dollar?. Kita bahas shutterstock lagi ya. Ternyata banyak yang nanya di kolom komentar channel youtube fiverr addict, "bang saja upload/jual foto di shutterstock, tapi fotonya saya pajang juga di instagram. boleh gak kira kira?".

Oke saya coba jawab ya, jadi ketika kita upload karya kita di shutterstock dan bahkan sudah laku terjual, kita tetap menjadi pemilik sah karya kita tersebut, hak cipta tetap milik kita, karena yang dijual di shutterstock ini adakah hak penggunaan ya, bukan hak ciptanya yang dijual, jadi kesimpulannya kita diperbolehkan memajang karya kita dimana saja termasuk di instagram, atau media sosial lainnya, bahkan menjual di agensi microstock lain, asalkan tetap yang kalian jual adalah hak penggunaannya ya, yang berarti status file atau status akun contributor kita adalah nonexlusive, bukan exlusive ya, karena memang ada microstock agensi lain yang memberlakukan status exlusive untuk file maupun akun kontributornya (bisa juga disebut macrostock).

Nah, lalu kalau kita pajang di instagram sekaligus menjualnya juga di instagram, boleh gak?. Tetap saja boleh, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, asalkan kalian hanya menjual hak penggunaannya. Tapi kalau kalian mengatakan ke pembelinya bahwa karya yang kita jual ini exlusive dan hanya untuk satu pembeli ya berarti ketika karyanya dibeli, kalian wajib menghapus file tersebut yang ada di akun shutterstock kalian, karena kalau tidak, kita malah bisa kena copyright sendiri.

Jadi gitu ya, tanggapan singkat saya dari pertanyaan freelancer mania tadi, semoga bisa sedikit mengurangi kebingungan freelancer mania sekalian, yang mungkin punya pertanyaan yang sama. Kalau masih ada yang bingung dan mau ditanyakan, silahkan saja tuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar, nanti bakal saya jawab satu per satu kalau sempat. Jangan lupa juga kunjungi dan subscribe channel youtube "fiverr addict" bisa KLIK DISINI

Kita ketemu lagi di pembahasan-pembahasan selanjutnya, akhir kata, Terima Kasih.


Music photo created by wayhomestudio - www.freepik.com
Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Apakah bisnis microstock itu bisnis pasif income?

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers