Fulltime freelancer Fiverr & Shutterstock

Brief dari buyer membingungkan




Pertanyaan:
Mas saya kok kadang pusing dapet instruksi dari buyer ya, kadang bahannya gak lengkap

Jawaban:
Selamat siang sore atau malam fiverr mania, kita ketemu lagi di fiverr addict, kali ini saya akan sedikit ngasih tutorial biar kita gak terlalu pusing pusing amat jika kita dapat order dan membaca instruksi buyer atau brief yang terlalu panjang dan membingungkan atau malah kadang tidak lengkap.

Jadi banyak mungkin ya seller yang ketika dapet orderan, agak gak ngerti memahami brief atau instruksi yang diberikan oleh buyer, karena kadang si buyer pun juga bingung, sebenarnya seller itu butuh apa saja sih untuk mengerjakan orderan, kali ini saya ambil contoh untuk gig desain logo ya.

Jadi yang perlu kita tuliskan di step "REQUIREMENT" gig adalah semua pertanyaan yang sekiranya kita butuhkan ketika akan membuat logo, contohnya, biasanya saya mengisi bagian "REQUIREMENT" ini dengan:

1. Logo name?
2. Logo Slogan?
3. Colors?
4. Sample design? (for reference)

dan mungkin "REQUIREMENT" lain yang mungkin kita butuhkan, terserah anda, mungkin untuk apa logo ini digunakan, mau dipakai di platform apa saja, bisa kalian tuliskan atau tanyakan sesuai kebutuhkan.



Jadi dengan pertanyaan simple kita ini, diharapkan juga si buyer akan menjawab dengan jawaban simpel juga, dan tidak muter muter kemana mana instruksinya, kayak gini contohnya (screenshoot)



ouw iya kenapa tadi saya ada permintaan untuk "sample design" ? ini tujuannya adalah untuk memudahkan kita dalam menentukan atau menemukan gambaran, style atau selera seperti apa yang disukai oleh si buyer untuk logonya. Jadi pikiran kita tidak terlalu mikir terlalu jauh, cukup pikirkan saja style seperti apa yang disukai oleh si buyer berdasarkan sample yang diberikan tadi. Kemudian tinggal kita eksekusi.

Dan menurut pengalaman saya ini cukup ampuh untuk membuat si buyer tidak menuliskan instruksi yang terlalu panjang dan berbelit belit, ya walaupun kadang masih ada 1 atau 2 buyer yang tetep ngasih instruksi yang terlalu panjang, tapi paling tidak lebih sedikit lah. Karena jujur aja saya kadang juga sangat malas untuk membaca brief atau instruksi buyer yang sangat panjang, apalagi kalau ada fiverr mania yang tidak menguasai bahasa inggris, tambah pusing pasti.

Jadi ini contoh kasusnya saya ambil untuk logo desain, kalau untuk gig lain ya "REQUIREMENT" yang dibutuhkan juga pastinya bakal berbeda ya.

Yang lebih suka dijelaskan lewat video bisa buka channel youtube saya "Fiverr Addict".

Oke sampai disini saya harap agak sedikit membantu ya, kalau ada yang masih bingung bisa tulis aja di kolom komentar, nanti saya jawab kalau ada waktu ya. Oke sekian dulu untuk pembahasannya, dan terima kasih
Share:

2 comments:

  1. Thanks for info. Berguna sekali

    ReplyDelete
  2. Halo mas, udah Ada beberapa buyer yang melarikan diri ketika Aku ngirim contoh2 gambar Aku yang kemarin2. Trs jg Ada buyer yg ilang ketika Aku kasih link ke akun Porto Aku (ternyata g boleh hehe). Nah emangnya Cara yg bener menanggapi buyer yg Tanya Porto itu gimana ya? Terimakasih...

    ReplyDelete

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Orderan udah complete tapi buyer tetep minta revisi

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers