Fulltime freelancer Fiverr & Shutterstock

Meningkatkan response time?


Pertanyaan:
Mas gimana caranya biar response time bisa meningkat?

Jawaban:
Selamat malam fiverr mania, kita jumpa lagi di fiverr addict, kali ini saya akan membahas tentang response time, karena kemarin ada beberapa fiverr mania yang menanyakan kenapa response time nya turun jadi berwarna merah, dan bagaimana cara meningkatkan nya lagi.

Respone time ini letaknya ada di bawah profil fiverr kita, atau jika kalian membuka halaman seller lain, letaknya ada di halaman gig depan si seller, dibawah foto profil.

Jadi respone time ini beda dengan respon rate ya, Respone time adalah jumlah rata-rata waktu dalam jam yang diperlukan seller untuk mengirim respons pertama. sedangkan Respon rate adalah persentase respons pertama terhadap pesan baru yang dikirim seller dalam waktu 24 jam.

Jadi yang pertama perlu kalian tahu, respon time atau kadang disebut juga avg respone time, atau average respone time, itu adalah waktu rata rata yang kita butuhkan untuk merespon pesan dari buyer atau calon buyer, jadi semakin lama kalian merespon atau membalas pesan dari buyer atau calon buyer, ya berarti response time kalian juga bakal semakin nambah bahkan bisa sampai merah, begitu pula sebaliknya.

Jadi kesimpulannya, jika kalian ingin memperbaiki response time kalian ya kalian harus bisa membalas pesan dari buyer atau calon buyer kalian secepat mungkin. Jika kalian merasa terlalu ribet jika harus buka tutup laptop terus, kalian bisa memanfaatkan aplikasi fiverr di smartphone kalian, kalian bisa download di playstore atau appstore, dan hidupkan notifikasinya, dengan begitu kalian bisa langsung merespon setiap pesan dari buyer atau calon buyer dengan cepat, secepat kalian bales sms atau chatingan.

Kalau ada yang nanya "response time pengaruh gak dengan banyak sedikitnya orderan yang masuk?", jawabanya adalah ya berpengaruh pasti, ya walaupun gak terlalu signifikan ya, karena secara logika, buyer atau calon buyer akan merasa ragu jika mereka melihat response time kita agak lama, karena saya pun ketika menjadi buyer juga pasti melihat dulu seberapa cepat si seller bisa merespon, tentunya dengan melihat respone time nya. tapi masalahnya adalah gak semua buyer atau calon buyer mengecek itu, atau bahkan banyak pula yang gak mengerti, karena itulah saya bilang itu gak terlalu sugnifikan, tapi tetap saja berpengaruh.

Dan kalau masalah trafik profil atau gig nya akan turun atau tidak jika respon time kita merah, saya pernah bertanya ke CS fiverrnya, dan pihak fiverr mengklaim itu juga berpengaruh, walaupun mereka tidak menjelaskan secara gamblang seperti apa penghitungannya.

Tapi diluar itu semua, saran saya ya jangan sampai response time kita terlalu lama atau bahkan merah, karena bagaimanapun juga ketidakdisiplinan akan tetap membuat kita susah untuk berkembang.


Sekian dulu video kali ini, semoga bermanfaat.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Orderan udah complete tapi buyer tetep minta revisi

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers