Fulltime freelancer

Buyer order, belum ngasih bahan udah ngilang


Pertanyaan:
Bang, ada buyer order tapi belum ngasih bahan apa-apa, saya hubungin gak ada respon, gimana ya?

Jawaban:

Oke, untuk menjawab pertanyaan tadi, Ketika ada orderan masuk tapi si buyer belum ngasih bahan, pasti orderan belum bisa aktif, dan waktu orderan pun juga belum berjalan. Orderan hanya menggantung begitu saja.

Ada beberapa penyebab kenapa ini sering terjadi
  1. Yang pertama dan sering terjadi dan entah ini benar atau tidak, banyak buyer yang mengatakan karena tidak sengaja menekan tombol order
  2. Yang kedua, si buyer order dan belum siap dengan bahan bahannya, dan butuh waktu untuk mengumpulkan bahan bahan nya
  3. Sama seperti alasan yang kedua tadi, yaitu si buyer masih menyiapkan bahan bahannya tapi karena mungkin terlalu lama, jadi si buyer kelupaan bahwa dia sudah order gig kita
  4. Dan yang ke empat, dan ini sekedar menurut pikiran saya aja, mungkin ada system yang error, atau apalah, kadang si buyer pun gak sadar sudah order, jadi ya kadang saya pun sebagai seller  juga bingung.
Nah terus gmn donk?
Sebenernya ada beberapa langkah yang bisa dicoba:
  1. Klik tombol “send a reminder” di halaman order, ini akan membuat sistem secara otomatis mengirimkan pesan ke buyer bahwa kita siap memproses orderan, dan menunggu bahan dari si buyer.
  2. Yang kedua, kita bisa nunggu si buyer beberapa hari, dan jika tetep gak ada kabar, kita bisa cancel aja orderannya, ya tentu dengan resiko ada nilai  “completion rate” kita bakal turun.
  3. Dan yang ketiga kita bisa klik tombol “I have all the information i need”, dan otomatis orderan akan langsung aktif dan waktu akan berjalan. Tapi ini hanya jika kita sudah punya bahan untuk memulai orderan, mungkin si buyer udah ngasih bahannya lewat inbox sebelumnya. Tapi jika tidak, jangan sekali-kali mengklik tombol ini dengan pikiran, “ah mungkin si buyer gak akan balik lagi” dan kita mengirimkan file hanya untuk membuat orderannya selesai, dan secara otomatis kita akan tetep dapat uangnya walaupun kita tidak melakukan pekerjaan kita, karena jika si buyer sampai tahu dia bisa melaporkan kita ke pihak fiverr atau justru memberi kita review yang buruk.
Nah bagaimana jika itu terjadi ke saya sendiri? Jujur aja saya sering banget mengalami seperti ini, yang sudah main fiverr bertahun-tahun pasti akan sering mendapat orderan kosong seperti ini, mungkin kalau saya ada mungkin 50 lebih orderan kosong seperti ini, tapi memang untuk orderan orderan kosong yang beberapa tahun lalu, belum ada tombol  “I have all information i need”, dan sampai sistem diperbarui sampai sekarang pun orderan lama ini tidak mengikuti, jadi tombol  “I have all information i need” tetep tidak ada. jadi meskipun buyer gak kembali mungkin ada yang lebih dari 3 tahun. ya saya sebagai seller ya gak bisa ngapa ngapain, mau saya cancel pun itu tetep membuat saya rugi karena nilai “completion rate” bakal turun, salah satu triknya adalah, ya saya biarin aja menggantung seperti itu, toh juga gak ada efek sampingnya jika kita biarin.

Jadi buat pemula khususnya, gimana langkah yang harus diambil, saran saya ya biarin aj, karena takutnya gini, ketika ada buyer tidak sengaja menekan tombol order dan si buyer ini tidak sadar, dan ketika kita mengirimkan pesan ke buyer untuk mengingatkan, takutnya adalah si buyer ini sadar bahwa dia dengan secara tidak sengaja menekan tombol order yang sebenarnya si buyer ini gak ada tujuan atau kebutuhan untuk order gig dari kita dan maka dari itu kemudian si buyer minta cancel aja, ujung ujungnya kita juga yang rugi karena ada cancel order dan nilai “completion rate” bakal turun. Jadi untuk saat ini langkah yang tepat adalah ya di biarin aja.

Dan sekali lagi saya ingatnya, metode ini belum tentu tepat digunakan untuk beberapa waktu ke depan, karena fiverr sangat sering mengupdate sistem mereka, jadi selalu cek tanggal artikel ini dibuat.

Terima kasih
Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Apakah bisnis microstock itu bisnis pasif income?

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers