Fulltime freelancer Fiverr & Shutterstock

Males jualan jasa di fiverr karena kena potongan?

Selamat pagi fiverr mania, kali ini saya akan membahas fiverr lagi, menanggapi komentar dari subscriber di channel youtube fiverr addict, ada salah satu subscriber, dan mungkin beberapa subcriber berkomentar, salah satunya seperti ini,

"Parah nih fiverr, duit yang kita hasilkan masak dipotong"

Ya mungkin teman-teman yang lain pasti pernah juga berpikir seperti ini ya, kita dapat bayaran dari hasil kerja kita dari buyer, kena pajak fiverr, potongan $1 untuk setiap kelipatan $5, ada yang menganggap ini kecil, tapi ada juga yang menganggap ini lumayan besar.

Dan ya memang pasti ada pro kontra tentang aturan potongan atau pajak di fiverr ini, kalau kalian ingin tahu seperti apa pendapat saya, saya bakal jelaskan. Jadi gini, saya selalu mengibaratkan jualan di fiverr ini ibarat kita jualan di ruko orang, kita sewa, dan ya pasti kita harus mengeluarkan uang sewa untuk dibayarkan ke yang punya ruko, seperti halnya di fiverr, kita jualan di tempat mereka, dan kita membayar sewa tempat lewat potongan dari pendapatan yang kita terima, kalau kalian jualan di ruko orang, dan gak mau bayar sewa ya pasti kalian diusir lah. Pilihannya kalian bisa mencari ruko lain yang gratis atau membangun ruko sendiri, pertanyaannya, mampu gak kalian bikin ruko sendiri?

Pun dari pihak fiverrnya sendiri tidak ada paksaan bahwa kita harus jualan di lapak mereka, kalian bebas menentukan mau jualan dimana? kalau setuju dengan aturan fiverr dan segala sytemnya ya silahkan jualan di fiverr, kalau tidak setuju ya bisa cari platform lain, bebas.

Saya mulai jualan jasa di fiverr sekitar tahun 2011-2012 an, dan dari pengalaman saya jualan di fiverr selama ini memang tetap ada plus minusnya, tapi kalau di hitung-hitung nilai plusnya masih lebih banyak daripada minusnya.

Dan sekali lagi, saya pun tidak ada yang memaksa untuk harus jualan di fiverr, karena sekarang pun saya juga jualan di tempat lain, seperti shutterstock dan beberapa situs lainnya, tapi memang penghasilan masih yang utama dari fiverr ya.

Mungkin itu saja tanggapan saya dari 1 pertanyaan, atau komentar dari subscriber ini, kalian bisa menarik kesimpulan dari point of view kalian masing-masing. Dan mungkin kalian ada pendapat atau pertanyaan lain silahkan tulis saja dibawah.

Sekian dari saya, dan terima kasih.


Rage photo created by wayhomestudio - www.freepik.com


Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Orderan udah complete tapi buyer tetep minta revisi

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers