Fulltime freelancer

Kesalahan seller fiverr pemula dalam membuat gig

Selamat pagi fiverr mania, kali ini saya mau membahas tentang gig fiverr ya. jadi beberapa hari kemarin saya beberapa kali bikin konten "mecahin telor orang" di youtube, dimana saya memberikan order cuma-cuma untuk seller yang gignya belum ada orderan atau istilahnya belum "pecah telur", rata-rata untuk seller baru.

Banyak yang minta gignya dilihat untuk tahu dimana yang perlu diperbaiki, nah kalau saya balas komen satu-satu per seller mungkin bakal ada seller lain menanyakan hal serupa, jadi mending saya simpulkan saja, saya review di artikel kali ini, karena kebanyakan yang saya lihat gig-gig para seller baru ini serupa kekurangannya, dan tentu ini dari pendapat saya sendiri ya, mungkin ada orang lain punya pendapat berbeda ya silahkan, bisa juga tulis di kolom komentar biar jadi referensi yang lain juga, apa saja kekurangannya:


1. Judul gig yang kurang spesifik

Judul gig yang kurang spesifik ini juga biasanya bakal membingungkan buyer yang mencari jasa, dan pasti jasa yang dicari pasti spesifik, ini juga akan bisa membedakan atau menjadikan gig kita unik dan beda dari yang lain, ya walaupun ada yang serupa pasti tidak akan banyak. jadi buatlah judul yang spesifik sesuai jasa yang kalian jual.


2. Gambar gig yang kurang menarik mata

Selain judul gig, gambar gig merupakan satu hal yang penting juga, bahkan sebagian seller menganggap ini hal yang paling penting, karena gambar gig adalah faktor yang dapat menarik atau membuat buyer melirik jasa yang kita buat, sebelum akhirnya akan melakukan klik dan masuk di gig kita, sebelum akhirnya membaca deskripsi, tawaran dan harga yang kita cantumkan.  jadi buatlah gambar yang menarik dan bagus, tapi tentunya jangan gambar orang lain yang kita pajang, karena akan berbahaya untuk akun kita, bisa kena banned atau gignya denied atau ditangguhkan.


3. Harga yang kurang wajar untuk seller baru

Kalau ada yang nanya boleh gak ngasih harga tinggi, ya jawabannya sangat boleh, tapi untuk seller baru di fiverr pasang harga tinggi tidak dianjurkan jika gig atau akun kita masih baru, belum ada rating, belum ada level, statusnya masih new seller, karena pasti akan sulit buat menaikkan traffic, sekalipun jasa yang kita jual itu kita yakin memang layak untuk dihargai dengan harga tinggi. Saran saya pasang dulu harga yang sewajarnya, kalau sudah punya rating, portfolio di fiverr, naikkan harga pelan-pelan.

4. Deskripsi gig dan deskripsi paket yang terkesan seadanya

Seperti judul gig, isi deskripsi dalam gig atau dalam paket yang kurang spesifik dan terkesan seadanya juga akan membingungkan buyer, mereka harus repot-repot menanyakan detail gig lewat inbox sebelum akhirnya order, tapi banyak yang menganggap itu akan membuang waktu, dan kebanyakan pasti dari buyer ini akan berallih ke seller lain yang gignya detail, menjelaskan apa saja yang dijual. Jadi saran saya bikin diskripsi yang menjelaskan setiap detail dari jasa yang kita jual.


5. Jumlah gig yang terlalu sedikit

Jumlah gig untuk setiap level seller di fiverr memang dibatasi, tapi ada jumlah maksimalnya, untuk seller baru, dalam aturan fiverr hari ini, maksimal bisa membuat 7 gig. dan yang seharusnya dilakukan adalah ya membuat sampai 7 gig, jangan hanya 1 atau 2 gig, kita buat 7 gig, baru setelah berjalan sudah ada orderan, rating sudah ada, kita bisa menganalisa gig mana sih yang ternyata ramai dan menjanjikan, baru kita bisa memilih untuk fokus di 1 atau 2 gig, gig lalin bisa kita pause.

Sementara itu beberapa hal yang menjadi kekurangan para seller baru yang saya lihat setelah saya buka gig satu-satu dari seller yang komentar di video atau postingan youtube saya. kalau ada yang mau menambahkan silahkan tulis saja di kolom komentar biar jadi referensi juga buat yang lain.

Terima kasih.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Apakah bisnis microstock itu bisnis pasif income?

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers