Fulltime freelancer Fiverr & Shutterstock

Pengen menjadikan fiverr jadi pekerjaan utama? Baca ini dulu!

Selamat pagi fiverr mania, kembali lagi di blog fiverr addict, hari ini hari Senin tanggal 23 Mei 2022, saya mau membahas fiverr lagi, lagi-lagi dari pertanyaan yang sering ditanyakan fiverr mania di blog fiverraddict.com maupun di channel youtube fiverr addict, ouw iya yang belum subscribe channel youtube fiverr addict silahkan subscribe ya. 👉SUBSCRIBE

Jadi sering ada pertanyaan, salah satunya..

" Bang, bisa gak fiverr dijadikan pekerjaan utama? pengen keluar kerja dan fokus di fiverr "

Tunggu..tunggu, jangan buru-buru keluar kerja dulu ✋✋. Pertanyaan ini agak sering ditanyakan, dan saya akan bahas menurut sudut pandang dan pengalaman saya ya, dan seperti yang sering saya katakan, pendapat dan sudut pandang setiap orang bisa berbeda-beda, jadi kalian yang membaca artikel ini juga harus dengan pikiran terbuka.

Kembali ke pertanyaan tadi, bisakah fiverr dijadikan pekerjaan utama? jawabannya bisa banget, saya pun sudah menjadikan fiverr jadi pekerjaan utama saya, tapi bukan pekerjaan satu-satunya, karena saya punya beberapa pekerjaan lainnya, walaupun sama-sama online juga. Fiverr bisa dijadikan pekerjaan utama, tapi harus ada banyak hal yang dipertimbangkan terlebih dahulu, beberapa yang harus dipertimbangkan antara lain:

1. Jumlah penghasilan tidak menentu
Jumlah orderan yang masuk dari jualan jasa di fiverr jumlahnya pasti tidak bisa diprediksi, kadang sehari dapat 10 orderan kadang cuma 5 orderan, kadang cuma dapat 1 atau bahkan nihil, itu membuat fee atau penghasilan yang kita terima pun pasti akan tidak menentu, kita harus pintar-pintar mengatur keuangan dan punya penghasilan lain diluar fiverr, inilah yang harus diperhatikan para seller di fiverr. 

2. Tidak ada jaminan orderan bakal ramai terus
Yang kedua, yang masih ada kaitanya dengan yang pertama adalah orderan yang tidak mungkin bakal ramai terus, ya kecuali anda bisa SEO ya, kalian yang bisa SEO paling tidak sedikit banyaknya masih bisa menjaga terffic yang masuk sehingga orderan mungkin bisa stabil, itu kalau bisa ya, kalau mau beli jasa SEO pun ya pastinya tidak murah juga, salah-salah malah kita sudah habis modal duluan sebelum dapat untung.

3. Tidak punya slip gaji
Salah satu yang paling penting yang harus kita tahu adalah kita tidak punya slip gaji, walaupun kita bisa mendownload dan mencetak laporan alur keuangan dari fiverr. Bayangkan jika kalian ingin mengajukan kredit rumah, kredit mobil, motor atau kredit apapun lah, biasanya akan dimintai slip gaji, kita tidak bisa begitu saja hanya memberikan laporan keuangan kita dari fiverr, selain laporan keuangannya tidak stabil, juga tidak banyak orang tahu apa itu fiverr dan jaminan apa yang didapat. Inilah yang mungkin akan kita alami, kesulitan mengajukan kredit, tapi bukan berarti tidak bisa ya.

4. Tidak ada yang aman di internet
Istilah yang banyak orang dengar sebagai peselancar dunia maya adalah "Tidak ada yang aman di internet", kalau kasusnya di dunia per-fiverr-an, ada beberapa kemungkinan buruk yang mungkin saja kita alami, contohnya, akun kena banned, rating jeblok karena kena cancel, terlalu lama balas pesan, dan kemungkinan lainnya, dan itulah beberapa alasan yang akhirnya membuat saya membuat beberapa akun fiverr, selain untuk jaga-jaga kalau amit-amit akun saya kena banned saya masih punya akun lain  yang menghasilkan, disamping itu juga biar penghasilan juga makin banyak kalau punya beberapa akun, ya walaupun ini bisa dibilang ilegal ya karena punya beberapa akun teteplah melanggar aturan fiverr. Dan juga membuat saya punya bisnis online lainnya, jadi contributor shutterstock misalnya, ini juga cara saya untuk membuat pemasukan saya agak sedikit aman.

5. Akan banyak saingan
Banyak saingan, ya walaupun saya yakin saingan bisa ada di bisnis apa saja ya, tapi di fiverr, saingan bisa lebih dirasakan karena fiverr sendiri pasarnya dan sellernya dari seluruh dunia, tak terbatas hanya di Indonesia saja, mungkin memang benar, semakin luas pasar, semakin banyak pula kesempatan mendapatkan pundi-pundi dollar, tapi itu bisa menjadi faktor yang membuat saingan kita semakin banyak dan jika kita tidak bisa beradaptasi ya siap-siap aja ditinggal pelanggan.

6. Calon mertua akan mempertanyakan
Hmmm 😕😕, mungkin yang sudah punya istri apalagi anak, gak terlalu kuatir ya, tapi yang masih single dan pengen ngelamar anak orang, ketika ditanya apa kerjanya, kita mungkin bakal bingung jawabnya, masak iya dijawab kerja di fiverr, sedangkan gak banyak orang tahu tentang fiverr, apalagi orang tua ya, itupun setelah kita jelaskan, mungkin akan timbul pertanyaan lagi, bisa untuk hidup berumah tanggah gak nih kerja di fiverr, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya, apalagi tiba-tiba dibandingakan dengan PNS, wadaaaw......Jadi ya harus kuat mental juga.

Nah mungkin itu tadi beberapa hal yang wajib kalian pertimbangkan sebelum menjadikan fiverr jadi pekerjaan utama, dan mungkin masih akan ada pertimbangan lain yang belum saya sebutkan karena kondisi setiap orang pastinya juga akan berbeda-beda, paling tidak 5 hal yang saya sebutkan tadi sudah bisa menjadi bahan pertimbangan atau paling tidak sebuah gambaran. Jika sudah dipertimbangakan semua hal yang mungkin akan dihadapi dan kita merasa sudah yakin ya silahkan jadikan fiverr jadi pekerjaan utama.

Confused woman photo created by wayhomestudio - www.freepik.com
Share:

3 comments:

  1. Bermanfaat bang , semangat terus, bang kasih tau dong cara jual karya selain shuttstok dan fiver, misal RB, TB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terima kasih. Nanti bakal saya buatkan tutorial atau artikel selain Fiverr dan shutterstock.

      Delete

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Orderan udah complete tapi buyer tetep minta revisi

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers