Fulltime freelancer

Buyer minta lebih !

 
Pertanyaan:
Kak ada buyer order 1 desain, tapi ngeyel minta 3 desain final, kasih gak ya? Tapi cuma $5 doang

Jawaban:
Oke, saya akan coba menjawab pertanyaan di atas. Jadi jika ada buyer yang bisa dibilang ngeselin, order cuma 1 tapi minta lebih, sebenernya ini kembali ke masing masing sellernya, kalau tidak keberatan ya silahkan kasih aja, tapi kalau merasa keberatan ya udahlah jelasin aja baik baik, atau mungkin bisa ajukan extra invoice atau mungkin bisa ajukan cancel saja.

Kenapa tadi saya bilang kembali ke masing masing sellernya? Ya karena si seller harusnya punya alasan sendiri untuk ngasih atau tidak ngasih. Contohnya untuk seller baru, mungkin sebagian besar seller baru akan tetep ngasih permintaan buyer yg agak berbelit ini dengan alasan untuk mencari rating atau ingin naik level karena jika orderan di cancel bisa menunda naiknnya level, atau jika dapat review jelek, orderan semakin sepi karena blm punya level.

Nah mungkin beda lagi untuk seller di level 2 atau bahkan top rated seller, mungkin mereka yang ada di level ini tidak ada waktu untuk berbelit belit dengan buyer yang ngeselin dan minta macem macem, bisa juga kita sebagai seller malah yg mengajukan cancel orderan, dengan alasan masih banyak orderan lain yg menunggu untuk diselesaikan dan tentunya mungkin lebih penting.

Karena kalau saya pribadi, ketika ada buyer yang agak ngeselin kadang bisa membuat mood kerja saya jelek dan akan membuat malas untuk mengerjakan orderan orderan lain. Jadi jujur aja kalau saya memang kadang mengajukan cancel ke tipe tipe buyer yang mintanya agak berlebihan.

Jadi kesimpulannya tentukan sikap kamu tergantung seperti situasi yg sudah saya jelaskan tadi.

Semoga bisa membantu.


Share:

2 comments:

  1. Bagaimana jika orderan sudah complete tetapi dia minta lebih? Apakah itu bisa menghasilkan cancel order saat kita di repot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kl orderan sudah completed, lalu si buyer minta desain/revisi lebih, bisa kita kirimkan offer/invoice/tagihan lagi, tp kl gak mau, dan kita di report, biasanya gak bakal ngaruh ke akun kita, selama kita tidak melanggar ketentuan yg kita buat dan tertulis di gig kita.

      Delete

Ada pertanyaan atau komentar? Tulis saja, nanti saya jawab.

Follow blog ini

Featured Post

Apakah bisnis microstock itu bisnis pasif income?

Berlangganan lewat email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers